Mata Kuliah :
Pengembangan Sumber Belajar
Kode Mata Kuliah : MTP-
Program Studi : Magister (S2) Teknologi Pendidikan
Dosen pengampu : DR. Syamsudin
SOAL UAS PASCA
SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM ASYAFI'IYAH
1. Jelaskan
pengertian Sumber Belajar yang dikutip, minimal 5 pendapat para ahli, kemudian
dikemas menjadi
pendapat
saudara sendiri.
Jawab
Sumber belajar menurut Association Educational Comunication
and Tehnology AECT (As’ari, 2007) yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa
data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik
secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai
tujuan belajar.
Sumber belajar menurut AECT (Suratno, 2008)
meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah
maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informasi, untuk
memberikan fasilitas belajar. Sumber itu meliputi pesan, orang, bahan,
peralatan, teknik dan tata tempat.
Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa
pengertian Sumber Belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas.
Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas
tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar
mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Sadiman mendefinisikan sumber belajar sebagai
segala sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar, yakni dapat berupa orang,
benda, pesan, bahan, teknik, dan latar
Menurut saya Sumber Belajar
adalah semua sumber
baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam
belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa
dalam mencapai tujuan belajar.
2. Jelaskan
perbedaan Sumber Belajar dengan Bahan ajar dan uraikan beserta contohnya.
Jawab
sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan
untuk belajar, yakni dapat berupa orang, benda, pesan, bahan, teknik, dan latar
juga dapat dimanfaat kan oleh guru, baik secara terpisah maupun
dalam bent uk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan
meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran. Dengan demikian
makasumber belajar juga diartikan sebagai segala tempat atau lingkungan sekit
ar, benda, dan orang yang mengandung informasi dapat digunakan sebagai wahana
bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan tingkah laku.
sedangkan
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/
instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud
bisa berupaBahan tert ulis maupun bahan tidak t ertulis.Bahan ajar atau teachi
ng- material, terdiri atas dua kata yaitu teaching atau mengaj ar dan material
atau bahan.
Dengan
demikian Bahan Ajar adalah bagian dari Sumber Belajar.
3. Secara
skematik prosedur merancang sumber belajar mengikuti langkah sebagai berikut :
Jelaskan ke-6
langkah tersebut?
Jawab
Langkah ke satu
adalah mempelajari kurikulum
Seorang pendidik harus memahami kurikulum terlebih dahulu
dalam menentukan sumber belajar karena kurikulum adalah perangkat mata
pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran
yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan.
Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan
kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut.
Langkah kedua adalah Menetapkan kompetensi siswa yang hendak
dicapai
Supaya tepat
dalam menentukan sumber belajar maka seorang guru harus menentukan kompetensi
apa saja yang harus dimiliki siswa atau peserta didik setelah proses
pembelajaran baik kompetensi secara
kognitif , sikaf, ataupun memiliki keterampilan tertentu atau psikomotor
Langkah ketiga adalah menentukan materi yang akan disajikan
Seorang pendidik harus dapat menentukan materi yang akan disampaikan
dalam pembelajaran
disesuaikan dengan berbagai hal , baik situasinya ataupun
kondisinya .
yang terkait dengan perancangan sumber belajar di sekolah
berdasarkan tuntutan karakteristik setiap mata pelajaran dalam kurikulum
berbasis kompetensi, baik dari sisi kompetensi yang harus dimiliki, maupun dari
segi materi ataupun bahan yang akan disampaikan kepada anak didik. Disamping
itu, analisis kebutuhan didasarkan atas masukan-masukan dari para pengelola dan
pelaksana pembelajaran meliputi: kepala sekolah, pengawas, guru dan siswa.
Analisis difokuskan kepada kebutuhan-kebutuhan yang
diperlukan dalam merancang sumber belajar, termasuk kemampuan-kemampuan yang
dipersyaratkan berkenaan dengan merancang sumber belajar
Langkah keempat menentukan jenis dan sumber belajar
Kegiatan ini dilakukan untuk mengkaji berbagai persoalaBerdasarkan
analisis kebutuhan yang telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menetapkan
sumber belajar yang akan digunakan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengkaji
berbagai teori dan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan, kemudian menyusun
konsep dan konstruknya, aplikasi, serta implementasinya. Konsep dan konstruk
yang telah tersusun, akan dijadikan rujukan dalam menetapkan sumber belajar.
Langkah kelima adalah mengembangkan sumber belajar
Pengembangan sumber belajar ini, dilakukan dengan cara
mengkaji dan meneliti berbagai masukan yang berasala dari penetapan sumber
belajar yang digunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya hasil dari pengembangan
tersebut, dapat dijadikan bahan bagi kegiatan revisi pengggunaan sumber
belajar. Hasil revisi ini, kemudian menjadi rujukan untuk digunakan dalam
kegiatan belajar mengajar.
Langkah keenam mengevaluasi sumber belajar
Kegiatan ini melihat kriteria keberhasilan dalam
merancang sumber belajar dan mengevaluasi pelaksanaan penggunaan sumber
belajar. Dengan evaluasi, kita dapat mengamati kekurangan-kekurangan yang
sumber belajar tersebut, sehingga ada suatu perbaikan untuk mencapai sumber
belajar yang lebih baik, yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang telah
ditetapkan.
4. Buatlah
Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang disesuaikan
dengan kondisi kelas, letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain,
dengan melibatkan sumber belajar secara optimal?
Jawab
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
MA HUSNUL KHOTIMAH
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Qowa’id Bahasa Arab
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (
Dua Belas ) / 1
|
Jurusan/Program
|
:
|
PK ( Program keagamaan )
|
Materi
|
:
|
Bab 1. Ta’ajjub
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Ta’ajjub dengan baik dan benar
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Siswa mengetahui shighah Ta’ajjub dan strukturnya dalam
jumlah mufidah dengan baik dan benar.
|
Indikator
|
:
|
1.
Mendefenisikan
Ta’ajjub
2.
Menyebutkan
macam-macam shighah Ta’ajjub
3.
Menyebutkan
contoh-contoh Ta’ajjub sama’i
4.
Menyebutkan
shighah-shighah Ta’ajjub qiyasi
5.
Memberikan
contoh shighah-shighah Ta’ajjub sama’I ke dalam jumlah mufidah
6.
Memberikan
contoh shighah-shighah Ta’ajjub qiyasi ke dalam jumlah mufidah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit (1 kali pertemuan)
|
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1) Mengetahui shighah-shighah Ta’ajjub
2)
Mengetahui
penggunaan shigah Ta’ajjub dengan benar
3)
Mengetahui
syarat-syarat kalimah yang digunakan untuk shighah Ta’ajjub
B. Metode Pembelajaran :
Metode : -
Diskusi - Ceramah
- Tanya jawab - Tugas
Model : -
Pembelajaran langsung
- Kooperatif
C. Langkah Pembelajaran :
Pertemuan Pertama
a. Pendahuluan
Apersepsi dan absensi
b. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan materi pembelajaran
dan menjelaskannya
2) Siswa menyimak materi
c. Penutup
1) Tanya jawab
2) Membuka Mushaf atau kitab berbahasa arab untuk
mencari contoh materi yang telah diajarkan
3) Menyebutkan materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya
4) Salam penutup
Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan
1) Apersepsi dan absensi
2)
Mengkaitkan materi sebelumnya
dengan materi yang akan dibahas
3) Menyampaikan pendahuluan tentang
materi yang akan dijelaskan
b. Kegiatan Inti
1)
Guru menyampaikan materi pembelajaran dan menjelaskannya
2) Beberapa siswa membaca isi
materi dan mendiskusikannya
3)
Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa dan
menjawab beberapa pertanyaan siswa
c. Penutup
1) Membuat rangkuman dari
materi yang telah disampaikan
2) Memberi tugas untuk
menjawab soal-soal evaluasi
D. Sumber Belajar :
1) Modul Qowa’id MA
2) Buku lain yang berkaitan
dengan materi
3) Kamus Bahasa Arab
4) Al Qur'an
5) Internet
6) Narasumber
E. Penilaian Hasil Belajar :
a) Penilaian proses
Melalui pengamatan pada saat siswa melakukan kegiatan
a) Tes lisan
Melalui tanya jawab tentang materi yang sedang dibahas
b) Tes tulis
Melalui latihan soal-soal evaluasi
Memeriksa/Menyetujui,
|
|
Kuningan, Juli 2011
|
|||||
Kepala MA Husnul Khotimah
|
|
Guru Mata Pelajaran
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Agus budiman, S.Pt
|
|
H.MU’TAMAD, Lc.
|
5. Jika saudara
menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kabupaten Kuningan,Program
apakah yang akan saudara lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikanyang
berorientasi pada pengembangan sumber belajar?
Jawab
InsyaAllah
program yang akan dilakukan diantaranya :
1.Pelatihan kompetensi Guru secara berkala , termasuk pelatihan ( tentang
pemanfaatan sumber belajar )
2. Perlengkapan Sarana Pembelajaran
dan sumber belajar seperti infokus ditia-tiap kelas pembelajaran secara
bertahap sesuai dengan kemampuan .
والله أعلم بالصواب وحقيقة الأمور
Tidak ada komentar:
Posting Komentar