Jumat, 16 Desember 2011

JAWABAN UAS PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR


Mata Kuliah               :  Pengembangan  Sumber Belajar
                        Kode Mata Kuliah      :  MTP-
                        Program Studi            :  Magister (S2) Teknologi Pendidikan
                        Dosen pengampu       : DR. Syamsudin

SOAL UAS PASCA SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM ASYAFI'IYAH

1. Jelaskan pengertian Sumber Belajar yang dikutip, minimal 5 pendapat para ahli, kemudian dikemas menjadi
pendapat saudara sendiri.

Jawab
Sumber belajar  menurut Association Educational Comunication and Tehnology AECT (As’ari, 2007) yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar.
Sumber belajar menurut AECT (Suratno, 2008) meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.
Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa pengertian Sumber Belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Sadiman mendefinisikan sumber belajar sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar, yakni dapat berupa orang, benda, pesan, bahan, teknik, dan latar

Menurut saya  Sumber Belajar adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar.


2. Jelaskan perbedaan Sumber Belajar dengan Bahan ajar dan uraikan beserta contohnya.

Jawab
sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar, yakni dapat berupa orang, benda, pesan, bahan, teknik, dan latar juga dapat dimanfaat kan oleh guru, baik secara terpisah maupun dalam bent uk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran. Dengan demikian makasumber belajar juga diartikan sebagai segala tempat atau lingkungan sekit ar, benda, dan orang yang mengandung informasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan tingkah laku.
sedangkan Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupaBahan tert ulis maupun bahan tidak t ertulis.Bahan ajar atau teachi ng- material, terdiri atas dua kata yaitu teaching atau mengaj ar dan material atau bahan.
Dengan demikian Bahan Ajar adalah bagian dari Sumber Belajar.

3. Secara skematik prosedur merancang sumber belajar mengikuti langkah sebagai berikut :

Jelaskan ke-6 langkah tersebut?

Jawab
Langkah ke satu adalah mempelajari kurikulum
Seorang pendidik harus memahami kurikulum terlebih dahulu dalam menentukan sumber belajar karena kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut.

Langkah kedua adalah Menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai
Supaya tepat dalam menentukan sumber belajar maka seorang guru harus menentukan kompetensi apa saja yang harus dimiliki siswa atau peserta didik setelah proses pembelajaran  baik kompetensi secara kognitif , sikaf, ataupun memiliki keterampilan tertentu atau psikomotor

Langkah ketiga adalah menentukan materi yang akan disajikan
Seorang pendidik harus dapat menentukan materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran
disesuaikan dengan berbagai hal , baik situasinya ataupun kondisinya .

yang terkait dengan perancangan sumber belajar di sekolah berdasarkan tuntutan karakteristik setiap mata pelajaran dalam kurikulum berbasis kompetensi, baik dari sisi kompetensi yang harus dimiliki, maupun dari segi materi ataupun bahan yang akan disampaikan kepada anak didik. Disamping itu, analisis kebutuhan didasarkan atas masukan-masukan dari para pengelola dan pelaksana pembelajaran meliputi: kepala sekolah, pengawas, guru dan siswa.

Analisis difokuskan kepada kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam merancang sumber belajar, termasuk kemampuan-kemampuan yang dipersyaratkan berkenaan dengan merancang sumber belajar

Langkah keempat menentukan jenis dan sumber belajar
Kegiatan ini dilakukan untuk mengkaji berbagai persoalaBerdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menetapkan sumber belajar yang akan digunakan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengkaji berbagai teori dan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan, kemudian menyusun konsep dan konstruknya, aplikasi, serta implementasinya. Konsep dan konstruk yang telah tersusun, akan dijadikan rujukan dalam menetapkan sumber belajar.

Langkah kelima adalah mengembangkan sumber belajar
Pengembangan sumber belajar ini, dilakukan dengan cara mengkaji dan meneliti berbagai masukan yang berasala dari penetapan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya hasil dari pengembangan tersebut, dapat dijadikan bahan bagi kegiatan revisi pengggunaan sumber belajar. Hasil revisi ini, kemudian menjadi rujukan untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Langkah keenam mengevaluasi sumber belajar
Kegiatan ini melihat kriteria keberhasilan dalam merancang sumber belajar dan mengevaluasi pelaksanaan penggunaan sumber belajar. Dengan evaluasi, kita dapat mengamati kekurangan-kekurangan yang sumber belajar tersebut, sehingga ada suatu perbaikan untuk mencapai sumber belajar yang lebih baik, yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang telah ditetapkan.



4. Buatlah Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang disesuaikan dengan kondisi kelas, letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain, dengan melibatkan sumber belajar secara optimal?

Jawab

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Nama Sekolah
:
MA HUSNUL KHOTIMAH
Mata Pelajaran
:
Qowa’id Bahasa Arab
Kelas/Semester
:
 XII (  Dua Belas ) / 1
Jurusan/Program
:
PK ( Program keagamaan )
Materi
:
Bab 1. Ta’ajjub
Standar Kompetensi
:
Memahami Ta’ajjub dengan baik dan benar
Kompetensi Dasar
:
Siswa mengetahui shighah Ta’ajjub dan strukturnya dalam jumlah mufidah dengan baik dan benar.
Indikator
:
1.      Mendefenisikan Ta’ajjub
2.      Menyebutkan macam-macam shighah Ta’ajjub
3.      Menyebutkan contoh-contoh Ta’ajjub sama’i
4.      Menyebutkan shighah-shighah Ta’ajjub qiyasi
5.      Memberikan contoh shighah-shighah Ta’ajjub sama’I ke dalam jumlah mufidah
6.      Memberikan contoh shighah-shighah Ta’ajjub qiyasi ke dalam jumlah mufidah
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit (1 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran    :  
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1)      Mengetahui shighah-shighah Ta’ajjub
2)      Mengetahui penggunaan shigah Ta’ajjub dengan benar
3)      Mengetahui syarat-syarat kalimah yang digunakan untuk shighah Ta’ajjub

B. Metode Pembelajaran   :
            Metode                        :           -   Diskusi                                -   Ceramah
                                                -   Tanya jawab                                    -   Tugas                                 
            Model              :           -   Pembelajaran langsung
                                                -   Kooperatif

C. Langkah Pembelajaran :
Pertemuan Pertama
a.   Pendahuluan
Apersepsi dan absensi
b.   Kegiatan Inti
1)     Guru menyampaikan materi pembelajaran dan menjelaskannya
2)     Siswa menyimak materi
c.    Penutup
1)     Tanya jawab
2)     Membuka Mushaf atau kitab berbahasa arab untuk mencari contoh materi yang telah diajarkan
3)     Menyebutkan  materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
4)      Salam penutup
Pertemuan Kedua
a.   Pendahuluan
1)      Apersepsi dan absensi
2)      Mengkaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dibahas
3)      Menyampaikan pendahuluan tentang materi yang akan dijelaskan
b.   Kegiatan Inti
1)     Guru menyampaikan materi pembelajaran dan menjelaskannya
2)     Beberapa siswa membaca isi materi dan mendiskusikannya
3)     Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa dan menjawab beberapa pertanyaan siswa
c.    Penutup
1)     Membuat rangkuman dari materi yang telah disampaikan
2)     Memberi tugas untuk menjawab soal-soal evaluasi

D. Sumber Belajar    :
1)      Modul Qowa’id MA
2)      Buku lain yang berkaitan dengan materi
3)      Kamus Bahasa Arab
4)      Al Qur'an
5)      Internet
6)      Narasumber

E. Penilaian Hasil Belajar :
a)      Penilaian proses
Melalui pengamatan pada saat siswa melakukan kegiatan
a)      Tes lisan
Melalui tanya jawab tentang materi yang sedang dibahas
b)      Tes tulis
Melalui latihan soal-soal evaluasi



Memeriksa/Menyetujui,

Kuningan, Juli 2011
Kepala MA Husnul Khotimah

Guru Mata Pelajaran
























           Agus budiman, S.Pt

H.MU’TAMAD, Lc.

 



5. Jika saudara menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kabupaten Kuningan,Program apakah yang akan saudara lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikanyang berorientasi pada pengembangan sumber belajar?

Jawab

InsyaAllah program yang akan dilakukan diantaranya :

1.Pelatihan kompetensi Guru  secara berkala , termasuk pelatihan ( tentang pemanfaatan sumber belajar )                                                       
2. Perlengkapan Sarana Pembelajaran dan sumber belajar seperti infokus ditia-tiap kelas pembelajaran secara bertahap sesuai dengan kemampuan .    
 
والله أعلم بالصواب وحقيقة الأمور
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar